Roboh

Roboh

Tiang listrik dan tanah longsor yang terjadi di Cilebut, tepatnya di lintasan rel kereta api Bojong – Cilebut.

Dan saya pun terkena imbasnya..🙂

update..
Jakarta – Jalur kereta api Jakarta-Bogor di Cilebut longsor pada Rabu (21/11) lalu. Menurut Direktur Keselamatan Kementrian Perhubungan, Hermanto, penyebab longsor jalur kereta penghubung Jakarta- Bogor tersebut karena penyempitan sungai.

“Longsor dikarenakan penyempitan sungai Kalibaru akibat adanya pemukiman di bantaran kali. Sehingga pas kejadian hujan besar membuat air meluap ditambah saluran irigasi sudah dangkal dan banyak sampah,” kata Hermanto dalam konprensi pers di Ruang Rapat Dirut Keselamatan, Gedung Karya Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2012).

Selain penyebab, Hermanto juga menjelaskan faktor-faktor apa saja yang jadi penghambat di saat perbaikan rel. Salah satunya tingginya curah hujan di daerah tersebut dan minimnya akses untuk mobil-mobil besar pengangkut bahan-bahan material yang dibutuhkan di daerah itu.

“Dan masih dibutuhkan penelitian struktur tanah lebih lanjut untuk menentukan bidang longsor apakah kuat untuk dilalui,” ujar Hermanto.

Hermanto juga menambahkan saat ini di lokasi jalur rel kereta yang longsor sedang dilakukan penimbunan. Dan nantinya jika sudah selesai, Dirjen Kereta Api akan menguji dulu apakah jalur sudah layak untuk dilewati.

“Namun kita membutuhkan waktu 10 hari dimulai dari hari ini. Jadi diperkirakan 10 Desember 2012 akan selesai dan untuk jalur hilir diberi perkuatan dengan menggunakan sheet pile hingga kedalaman bidang longsor agar jalur tersebut kuat untuk dilalui,” imbuhnya.

(spt/rmd)
sumber: detik




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: