Perpanjang STNK (1)..

Hari rabu 20 Okt 2010 sekitar jam setengah11an, saya berangkat ke polda metro jaya, sudirman, untuk memperpanjang STNK setelah sehari sebelumnya minta izin ke pak bos datangnya agak siangan. Padahal di STNK tertulis ‘Berlaku sampai 09-04-2010’..

Singkat cerita, sampailah saya di polda metro jaya. Kemudian parkir tepat di depan gedung bertuliskan ‘Kantor Bersama SAMSAT Wilayah Jakarta Selatan Polda Metropolitan Jakarta Raya’.

Dari wikipedia, SAMSAT adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu ATap, yaitu suatu sistem administrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung.

Menurut wikipedia lagi, Samsat merupakan suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam pelayanan untuk menerbitkan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas negara baik melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ), dan dilaksanakan pada satu kantor yang dinamakan “Kantor Bersama Samsat”.

Dalam hal ini, Polri memiliki fungsi penerbitan STNK; Dinas Pendapatan Provinsi menetapkan besarnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB); sedangkan PT Jasa Raharja mengelola Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Lokasi Kantor Bersama Samsat umumnya berada di lingkungan Kantor Polri setempat, atau di lingkungan Satlantas/Ditlantas Polda setempat.

Yap, di kantor itulah saya akan menjejakkan kaki untuk perpanjang STNK hehe.. Oia, kalo ga salah, kita diwajibkan menggunakan sepatu untuk masuk ke kantor itu, soalnya tahun lalu teman saya dilarang masuk karena menggunakan sendal (Kasian.. jadilah dia nungguin diluar selama 2 jam-an). Masih berlakukah?? tau deh..

-bersambung-


  1. sy baru tau kepanjangan SAMSAT… hehe
    parah banget ya..😀

    lanjut gar..😀

  2. hadi

    jangan sombong dong..
    saya juga baru tau loh.. :p

  1. 1 Perpanjang STNK (2).. « My Library

    […] postingan saya sebelumnya, saya akan bercerita apa yang telah terjadi di dalam sana (di kantor samsat) rabu lalu.. (agak […]




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: