Kena tilang..

Kejadian yang baru aj gw alamin..
Lokasi: sebelum u-turn setelah jembatan karet arah tanah abang
Waktu: jam 6an (kira2 maghrib)

Jarak tinggal 500m sampe rumah, polisi yang berdiri di 30m sebelum u-turn tiba2 nyetopin gw. Bingung. Padahal gw dah pake helm standar, pake jaket, sepatu, dan tas.Oia plus earphone baru yang lagi gw coba.. Gw pun menjadi sorotan tajam para pengendara secara gw berada di antara kendaraan yang mo lurus dan kendaraan yang mo belok..

“Malam pak” si pak polisi berperut gendut..
“ada apa ya pak” gw (bener2 ga tau)
“lampunya pak mati”
“Oh” gw baru sadar kalo ga nyalain lampu. Waktu itu memang langit masih agk terang.
“Mana STNK dan SIM??”
“Wah saya lupa pak. Lagian ini kan masih terang pak. ” Gw bela diri sambil ngambil tuh surat2.
“Siang juga harus dinyalakan lampunya ” pak polisi itu balik ke belakang ngambil sebuah kertas.
“Ini mas” sambil nunjukin ke peraturan no.5, Tidak menyalakan lampu pada siang hari, denda Rp 100.000
(Walah2) “Tapi penerapannya ga begitu pak. Banyak juga siang yang ga nyalain” Gw masi jg bela diri
“Saya di sini hanya menjalankan peraturan mas”
Gw dah ga bisa ngomong lagi
“Mas mau di sidang?”
“iya pak. Sidang aja” Kesel gw. Pertanyaannya kayak ngasih sebuah ‘penawaran’ gitu.Β  Gw kasih tuh surat2..
Si polisi balik ke belakang nyiapin formnya dan nulis.. (tau deh nulis apaan)
“Eh pak..Pak”Β Β  Tiba2 gw inget slip merah vs slip biru nih. “PAAK..”
Pak polisi mendekati gw.
“saya minta slip birunya aja deh. Saya mo denda sekarang”
“Oh ga bisa mas. Kalo sekarang sudah harus slip merah”
“Loh kok? Kalo saya dapet slip merah berarti saya ga mengakui kesalahan dong dan saya bersedia membela dipersidangan? Tapi kan saya mengakui saya salah pak, jadi saya mau slip biru aja”
“Sekarang slip itu sudah ga berlaku lagi mas”
“UU nya pak?”
“UU No.22 tahun 2009”
“UU no?”
“No.22 tahun 2009”
“Oh.. bener ini ya pak. Nanti saya tanya hakim kalo ini sudah ga berlaku lagi?”
“Gini loh mas”
Si polisi menjelaskan panjang lebar. Sedangkan gw saat itu setengah denger setengah ga coz ada earphone baru di kuping gw :p
Yang gw inget ada kata2.. “Saya itu bukan polisi yang mencari cari kesalahan loh”, trus “Kalau kita bicara baek2 kan selesai urusan” (Gw nangkepnya, ni polisi minta sogokan kali). “Saya ga mau berlama-lama, kan saya lagi tugas. Mas juga terganggu kan perjalanannya”..
Tiba2..
“Ini saya kembalikan suratnya. Kali ini saya hanya memperingati saja”
Hah?? Cukup kaget juga gw..
“O gitu pak” masih agak heran sambil masukin tuh surat ke kantong
“Nanti kalo siang dinyalakan ya”
“Oh iya pak. Terima kasih atas pengertiannya pak”
“Suratnya lengkap kan? SIM sudah??”
Gw cek lagi.. “Oia pak. Sudah”
“Terima kasih banyak pak”
“Ya” jawab si polisi sambil senyum..

Dalem hati, wah manjur juga nih jurus slip biru.. (apa mungkin gara2 itu ya?? hehe..)
Tanpa sogokan, ga maen sidang2an pula..

NGACIIIIR…!


  1. Mantab gan inponya…
    ntar kalo ane ditilang (moga2 aja enggak) bisa dipake nih jurusnya…

    tentang slip biru itu, masih berlaku ya??

    ane kasih cendol buat ente..πŸ˜€

  2. hadi

    silakan dipelajari dulu gan! hehe..

    Masih berlaku rif sampai sekarang.. nih kutipan dari forum situs polda,

    “.. slip biru sesuai dengan SKEP/443/IV/1998, tanggal 17 April 1998 (SK 1998) masih berlaku dan sampai sekarang belum ada perubahan”..

    Tapi pimpinannya sendiri (mungkin pimpinan direktorat lalu lintas kali ya) nyuruh anak buahnya supaya mereka langsung ngasih slip merah.. nih kutipannya,

    “..Tetapi kami akan tambahkan untuk proses Slip Biru ini sementara pimpinan kami melakukan kebijakan dengan cara harus memberikan Surat Tilang warna merah kepada sipelanggar”

    Nah, jadi kita berhak minta slip biru berdasarkan aturan yang ada gan, sedangkan polisi langsung ngasih slip merah itu karena perintah pimpinannya..

    kalo mo lengkap silakan cek tkp gan,
    http://www.lantas.metro.polri.go.id/forum/index.php?id=2&sid=47e1fb09dadc5

  3. Bill

    dari tulisan lo ada sekitar 5 point yg mnurut gw lo terlalu curiga (buruk sangka)…ga baek gan kyk gt (ustad mode: ON)

    gw rasa tu polisi yg lo temuin baek jg cos waktu lo debat masalah UU, dia mau ngejelasin secara panjang lebar trus mungkin karna ngeliat “perjuangan” lo yg keras, dia berubah pikiran….ya ntu asumsi gwπŸ™‚

    • Hadi

      sotoy lo ah.. hehe..

      gw tuh dah pengalaman yang namanya ditilang (malah bangga).. kebanyakn mereka (polisi yg nilang) emang mengarahkan kita ke ‘perdamaian’..
      Sekarang kan gw dah insap jd ga da dah uang damai uang damaian..😎

    • Hadi

      oie, satu lagi.. UU yang disebutin tuh polisi bukan tentang slip biru tp ttg nyalain lampu di siang hari.. berarti tuh polisi kan bo’ong..😦

  4. hehehe, emang nyebelin kalo ditilang polisi (maap pak polisiπŸ˜€ ) saya sampe trauma deh gara2 itu, dari jauh liat polisi aja udah jantungan …huhuhu… tuh polisinya krn tau salah tuh hadi, makanya dia akhirnya ngalah …. wong emang dia yang salah (niat)πŸ˜€πŸ˜€ … peace lagi pak plisi ( sumpeh, mb takut nih jangan2 ada polisi mampir ksini n liat komen mbπŸ˜€πŸ˜€ hahahah

  5. hadi

    tenang mbak aman kok disini hehe..
    iya sama, saya juga dulu agak was2 kalo liat polisi.. bawaanya curiga aja hehe..

  6. Dany

    Mantep gar inpohnya.. Sip, lanjutkan pengalamanmu dengan Pak Polantas…πŸ˜›




Leave a Reply

