Panas..

Jakarta makin panas. Bogor juga begitu. Wajar kalau siang, tapi ini juga terjadi pada malam hari. Ada yang tidak setuju? Mungkin bagi mereka yang menggunakan AC dirumahnya hal ini bukanlah suatu masalah.
Efek global warmingkah? Hmm..  Kalo kata bapak Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrim BMK sih, itu merupakan sesuatu hal yang wajar2 saja karena sekarang2 ini adalah masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau (lihat sini kalo ga percaya). Begitu ya..

Well, terlepas dari iya atau tidak jawaban beliau, efek global warming memang sangatlah berpengaruh pada kondisi alam, salah satunya yaa itu, suhu global cenderung meningkat. (Kalo mau lihat salah banyaknya ada di sini kok, wikipedia) Tau sendirikan sekarang lagi gencar2nya seruan dunia internasional agar kita2 bisa berkontribusi mengendalikan (memperlambat) global warming, seperti aksi earth hour. Aksi ini merupakan aksi mematikan lampu selama satu jam yang dilakukan oleh orang2 (yang peduli terhadap global warming) secara sukarela. Kemudian seruan dunia internasional kepada negara2 maju agar bisa mengurangi emisi (pengeluaran CO2) sampai tingkat tertentu. Seruan ini dituangkan dalam persetujuan yang dikenal dengan Protokol Kyoto. Yaah Inti semua usaha itu adalah mengurangi kadar CO2 di udara.

Adakah cara lain? Ada. Matikan barang2 elektronik kalo tak dipakai, dan matikan lampu kalo dirasa tak perlu. Mudah dan sederhana tapi kadang justru dianggap remeh oleh sebagian orang. Kontribusi yang kelihatannya kecil tp kalo disadari dan dilakukan oleh banyak orang, akan berdampak besar bagi kehidupan. Ayo orang orang.. sadar.. sadar.. tp jangan cuma sadar doang.. harus ada kontribusi nyata.. lakukan.. lakukan..😉

Oh ya. Ada juga Cara yang mudah yang bisa dilakukan oleh setiap keluarga. Yaitu dengan memelihara tanaman atau pohon di halaman rumah. Seperti kita ketahui, tanaman membutuhkan karbondioksida untuk melakukan fotosintesis. Saat melakukan fotosintesis, tanaman tidak hanya menghasilkan glukosa tapi juga oksigen. Berarti, selain menghilangkan CO2, tanaman juga akan memberikan asupan oksigen (udara bersih) di sekitarnya. Lingkungan sehat, kita pun akan sehat. Selain itu, dengan adanya tanaman2 dipekarangan rumah, rumah akan tampak ‘hidup’, lebih sejuk, asri, nyaman, dan enak dipandang. Yah, Ini memang mensyaratkan ruangan/halaman yang cukup untuk meletakkan tanaman atau pohon. Jadi, bagi keluarga yang memiliki halaman, manfaatkan hal itu untuk memelihara tanaman.
Ya, cara inilah yang sekarang sedang saya lakukan. Memelihara tanaman di halaman rumah😀

.. bersambung..


  1. Protokol Kyoto udah ditanda-tangani lagi ya?
    Kayaknya ada satu negara gedhe yg ga mau tanda tangan tuh.. he3..

    Iya di.. Daripada kita menyuruh sebuah negara untuk menandatangani protokol kyoto (yg pasti akan susah banget), mendingan kita mulai go green dalam lingkungan kita sendiri..

    saya setuju dg agar hadi..
    bisa dengan menanam tanaman.. jangan buang air sembarangan (hayoo..).. he3.. jangan sering-sering make komputer juga (wah kalo yg ini susah kayaknya.. :D)

  2. Hadi

    sapa rif?
    bukan indonesia kan? :p

    Bener tuh rif, jangan sering2 make komputer, enakan juga sering2 maen futsal nih😀

    Btw ada apdetan dikit tuh.. ^^




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: