Free english workshop..

Sabtu kemaren saya berkesempatan menghadiri workshop bhs. inggris gratis di LCC (LP3i Course Center) yang berlokasi di perempatan senen disamping bioskop Grand. Acara dimulai pukul 10.00 – 13.00, tapi jam stngh 10 saya masih dirumah menunggu seorang teman yang blum nongol2. Estimasi waktu perjalanan dari rumah saya ke sana sekitar 30 mnt (termasuk tanya sana sini kalo nyasar).
Ah hampir jam 10 dia blum nongol juga. Ya sudah, saya putuskan jalan sendiri. Tepat ketika motor saya nyalakan dan baru mau keluar dari pagar, dia nongol juga. Sebenernya sih kesel, maunya langsung saya ‘hajar’. Tapi malah bakal telat nantinya hehe.. Ya sudah, berangkatlah kita.

Seperti biasa, registrasi dulu dan keluarkan uang pengganti modulnya 7rb5rts rupiah. Naik ke lantai 4, masuk ruangan 401. Hmm tidak terlalu besar ruangannya, malah bisa dibilang kecil. Sekitar 5 x 3m. Duduk di bangku paling belakang di sebelah seorang wanita. Belakangan saya tahu kalau dia adalah seorang karyawati berkantor di gedung Sampoerna Strategic. “Mulainya dari tadi mbak?”. “Dari jam 10”. Hmm terlambat setengah jam.. Ketika itu Pak Masrur, pemberi materi bhs. Inggris, sedang membahas mengenai predikat.
Ternyata saya bukan orang terakhir yang datang, ada lagi setelah saya, senangnyaa.. hehe.. Kira2 ada 7 orang yang datang setelah saya. Makin sesaklah ruangan itu. Jumlah peserta pun menjadi kurang lebih 30 orang.
Mereka sangat antusias mendengar materi dari Pak Masrur. Senang sekali terlibat dalam workshop ini.
Ketika itu materi berlanjut ke bahasan pre-modifier dan post-modifier. Wah, baru tau nih.. Kemudian berlanjut ke latihan menerjemahkan teks inggris ke indonesia atau sebaliknya. Saya pun hanya geleng2 melihat soal2 tersebut dikertas. Ini salah satunya,

A quick cross-border trip from prosperous, export-oriented Thailand and South Korea to closed, impoverished Burma and North Korea cleanly demolishes the leftist argument againts free trade.

Bagaimana? Ini adalah soal yang paling pendek teksnya.. Kalo saya terjemahkan menggunakan google translate, hasilnya seperti ini,

Perjalanan lintas batas cepat dari sejahtera, berorientasi ekspor Thailand dan Korea Selatan untuk ditutup, Burma miskin dan Korea Utara menghancurkan yang bersih versus kiri argumen perdagangan bebas.

Hahaa.. Dijamin semakin bingung😀

Pak Masrur pun menjelaskan cara menerjemahkan teks tersebut.. Singkatnya inilah hasil terjemahan dari beliau.

Perjalanan lintas batas yang singkat dari Korea Selatan dan Thailand yang makmur dan berorientasi ekspor menuju Korea Utara dan Burma yang miskin dan tertutup jelas-jelas melawan argumen kekiri2an terhadap perdagangan bebas.

Kira2 seperti itulah. Saya tidak mencatat terjemahannya secara keseluruhan, jadi mohon maaf kalau kurang bagus hehe..

Yaah, 2 setengah jam yang sangat bermanfaat..
Saya berharap akan bisa mengikuti workshop2 selanjutnya dari beliau.. tentunya dengan harga FREE hehe..


  1. terlambat kok senang.. he3..

    para pencari workshop gratis ya di..😀
    semangat bro.. ^^

  2. hadi

    hahaa saat ini iya bro..
    mungkin lain kali cari yang bayar deh, tp yang murah2 aje dulu hehe..

  3. Irma Suriani

    Boleh join ga ya dengan topik ini

  4. hadi

    @irma: silakan saja mbak.. tp maksudnya join apa ya?? hehe..

  5. Rusydi, M.Pd

    Hello there, I need a help to look for free workshop of englis teacher. How to get it, please inform me soonest. Kind regard Rusydi, M.Pd




Leave a Reply

