Menulis Tidaklah Mudah..

JPEG_frustrated
Mungkin bagi sebagian orang, menulis itu gampang. Tapi bagi gw, menulis sangat sangatlah tidak mudah. Sudah ada beberapa ide di kepala, tapi kemudian pergi entah ke mana. Menulis cerpen, novel, artikel, skripsi (apa lagi), dll.. tidaklah semudah yang dibayangkan.

Jadi inget. Dulu waktu gw sd,  gw suka sekali nulis cerpen. Malem2,  membayangkan suatu keadaan, menjadikan gw sebagai tokoh sentralnya, berimajinasi dalam suatu percakapan, berkhayal menembus ruang2 tak berdimensi, dan mengungkapkannya melalui sebuah pena. Satu paragraf lewat, dua paragraf dapet, hingga 2-3 halaman cerita itu dapat tersajikan. Dan gw lupa, cerita apa ya yang gw tulis waktu itu?? Tentang petualangan? Tentang misteri? Tentang persahabatan?? Aah gw bener2 lupa! Tapi gw inget satu hal, itulah satu2nya karya gw yang kelar, tak terpublikasikan, dan hilang entah kemana.. yang lain?? Mm banyak juga cerpen2 yang gw coba tulis, tapi ya itu, mentok ditengah jalan, alias ga kelar! Kebanyakan gw tulis diakhir paragraf, BERSAMBUNG.😛
Sayang banget ye. Kalo saja karya awal gw itu diapreasiasi sama orang2 terdekat gw, pasti dengan percaya diri dah gw kirim ke majalah Fantasi tuh – majalah favorit gw waktu sd (sekarang masih adakah?), tapi ga da yang melihat itu sebagai suatu kebanggaan. Yaa sudah, jadilah karya ‘besar’ gw itu terbengkalai ditumpukan2 buku bekas yang siap di-kilo-in.. (just for a lesson)
Waktu itu gw banyak terpengaruh sama novel2 Ghostbump, cerpen2 di majalah Fantasi, cerita2 rakyat, dan petikan percakapan di buku2 pelajaran PPKn dan B.Indonesia. Gw cuma mikir, asyik juga y kalo gw bisa bikin kayak gini, no special reason. Dan mulailah gw menulis, hingga tenggelam dalam kenikmatan berimajinasi..

Kembali ke menulis tidaklah mudah. Hmm, mungkin yang dibutuhkan adalah konsistensi kali ya. Jangan setengah2 dan fokus. Dan gw rasa caranya J.K Rowling (mungkin juga kebanyakan penulis novel, dan itu pun kalo ga salah) bisa ditiru juga tuh, siapkan pena dan kertas dimanapun kita berada. Jadi pas ada ide untuk tulisan kita, langsung tulis! Hmm..

Nah sekarang bukan cerpen yang gw tulis, tapi itu tuuh.. :Kaboor:


  1. Wah ternyata kamu “pernah” ada minat jadi penulis juga ya di?? Ga nyangka.. he3..

    kalo kamu masih ada minat untuk menulis cerpen di, coba aja gabung di cerpenista. Di situ bisa kolaborasi dengan penulis lain untuk membuat cerpen.. Atau kamu coba tulis cerpen di blog ini di untuk di apresiasi..

    Eh, gimana kalo kita berkolaborasi??
    tapi selesaiin yang itu dulu.. hahahahaha

    *kabuuuurrr*

  2. hmm.. usul yang bagus tuh..
    oke thanks for the info rif..😀

  3. Siapa bilang menulis susah? Buktinya kamu bisa nulis posting hingga sepanjang ini.

  4. ehem… perjuangan yg keras akan membuahkan hasil yg pantas.😀

  5. hadi

    @David: hehe.. bener juga bung david..😛
    tapi yang saya maksud, menulis yang bernilai (kan ada aturan maennya, iy ga?), bukan sekedar cit cat saja..😀

    @fadhilatul m: yup betul.. setuju saya.. ^^

  6. @Fadhilatul m: yaah begitulah.. hehe..

  7. Bill

    cuy tar klo nulis artikel jgn lupa kontributornye disebut jg ye (lo tau deh sape orangnye….hehe)

  8. setuju banget, setiap ada ide harus segera ditulis. kapanpun dimanapun. sayang kalo hilang.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: