Dengerin dulu dong..

Karakter orang itu beda2. Yup, gw juga tau itu. Tapi kalo mengenai etika dasar yang sudah di ajarkan dari SD sampe SMU bahkan sampe kuliah masih juga ga ngerti (dilanggar), hmm.. susah juga nih. Etika dasar itu loh, yang ada di mata pelajaran PPKn, hendaknya tidak memotong pembicaraan orang, tau kan??.

Gw pribadi bukan tipe orang yang suka ngomong, mungkin sebaliknya, hanyalah pendengar. Makanya kalo ada orang yang bicara atau menceritakan sesuatu, pasti gw dengerin dulu sampe tuntas, baru berkomentar. Nah, terkadang ada juga yang ga tau etika dasar ini, memotong pembicaraan orang. Apalagi kalo dipotong pas lagi asik2nya menceritakan sesuatu. Seperti ini.

Misalkan, gw, A, dan B abis main bola. Si A lagi ngeluh cara mainya pemain lawan.
A: … bla bla bla …, die emang ngincer kaki tuh bukan bolanye. Tadi gw lagi bawa bola…

tiba2 si B ikut2an cerita, padahal si A belum selesai (dan mungkin mengaharap respon dari gw sama B)
B: gw juga tadi ditekel, gw udah lewatin 7 orang tuh, tinggal ngelewatin kiper, eh dy bla bla bla…
jadilah, B yang cerita, sedangkan si A (gara2 dipotong) Cuma nerusin, “… kaki gw di embat”

Walaah, parah bgt sih ni orang. Kalo orangnya agak bocor sih, kadang ga jarang gw sindir langsung, “woi, dengerin dulu, dy lagi cerita..” atau kalo gw yang jadi ‘korban’, pasti gw protes, “woi dengerin dulu dong..”

Yaah intinya sih, hargai dulu orang lain kalo kita mau dihargai.




    Leave a Reply

