Unik tapi fakta…

Hmm, sebenarnya saya bingung mau nulis apa nih. Tapi begitu melihat buku yang berjudul “Unik tapi Fakta, Aneh tapi Nyata”  tergeletak lemah tak berdaya (lebai) di sebelah kiri, saya memutuskan untuk menuliskan beberapa fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui oleh kalian dari buku tersebut.  Oke, lets get started..

Benua Australia
Sejarah ternyata memang tak selamanya benar. Baru-baru ini sejarah tentang siapa orang pertama yang menemukan benua Australia terkuak. Apa yang diyakini orang bahwa penemu benua Australia yang pertama adalah Kapten James Cook, seorang ahlli ilmu bumi dan navigator asal Inggris, ternyata salah. Sebab, Kapten James Cook yang dianggap menemukan benua kanguru ini tercatat mendarat di Botani Bay atau sekarang jadi Sidney Harbour pada tahun 1770. Sedangkan dari fakta terbaru ditemukan bahwa yang pertama mendarat di sana adalah pelaut Portugal bernama Christopher de Mendonca pada tahun 1522. Hal ini terungkap dari dokumen yang ditemukan di koleksi perpustakaan Los Angeles Amerika.

Influenza Napoleon Bonaparte
Mulutmu, harimaumu. Barangkali itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kejadian masa revolusi Perancis beberapa ratus tahun silam. Kala itu, sang jenderal legendaris, Napoleon Bonaparte, saat berperang di Timur Tengah pada tahun 1799 bermaksud akan melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil di tawan Perancis ketika mereka berhasil merebut Jaffa.  Saat itu Napoleon sedang terserang influenza. Maka, ketika menginspeksi pasukan, ia sering terbatuk-batuk, ia kemudian mengumpat “Ma sacre toux” yang artinya “Batuk sialan”. Tapi, perwira pendamping Napoleon merasa sang jenderal mengatakan “Massacrez Tous” yang artinya “Bunuh semua”. Akibatnya, seluruh 1200 orang tawanan Turki itu dibunuh hanya karena batuk sang jenderal.

Budaya Aneh
Pada beberapa kebudayaan di dunia, termasuk di antaranya pada beberapa suku Indian Amerika Tengah, dan kaum Thracia dari daerah Bulgaria, kelahiran disambut dengan kesedihan, sementara kematian disambut dengan kegembiraan. Ketika seorang bayi baru lahir, maka keluarganya akan duduk mengelilingi sang bayi sambil meratapi kesusahan-kesusahan yang akan dialami sang bayi semasa hidupnya mendatang. Sebaliknya, saat menghadiri kematian, para tamu yang hadir justru tertawa dan melawak di depan orang yang telah meninggal, karena mereka percaya bahwa orang yang mati sedang menuju ke negeri kebahagiaan. Terkadang, istri atau hewan kesayangan milik orang yang mati ikut dibunuh, sehingga merekapun dapat turut bersama berbahagia di alam baka.

Bau Cat Mobil
Boleh jadi Anda sangat sayang pada mobil baru Anda. Tapi, mulai sekarang cobalah berhati-hati dengan kendaran gres Anda tersebut. Menurut sebuah penelitian yang dirilis Chicago Tibune Amerika, bau yang tercium dari kendaraan baru, mulai dari bau cat hingga bahan-bahan kimiawi dari semua bahan yang tercampur membentuk sebuah mobil bisa mempengaruhi kesehatan pengendaranya. Menurut penelitian yang dilakukan pada 200 mobil keluaran tahun 2006, 2007, ada sejumlah zat campuran yang cenderung berbahaya, mulai dari merkuri, nikel, tembaga, hingga arsenik dalam campuran dalam pembuatan mobil. Menurut penelitian itu, sejumlah mobil-mobil bermerek mengandung zat-zat tersebut.
Tapi, jangan khawatir berlebihan. Ternyata untuk mencegah pengaruh yang berbahaya tersebut cukup mudah. Yang paling utama, jangan sering-sering menjemur kendaraan Anda di panas terik matahari. Atau, kalaupun terpaksa, sebelum menaikinya, hendaknya buka kaca jendela untuk beberapa saat hingga hawa panas dalam mobil menghilang.

Bersin
Anda mungkin sering mengabaikan bersin. Tapi tahukah Anda bahwa bersin terlampau keras akan menyebabkan tulang iga retak, akan tetapi dengan menahan bersin, Anda bisa memecahkan pembuluh darah di leher dan di otak dan kemudian menyebabkan kematian. (Tambahan) Dan, nyaris mustahil (dan sepertinya memang mustahil) seseorang bisa melakukan bersin dengan mata tebuka.

Nah, itu beberapa fakta unik yang ada di buku tersebut. Mengenai kebenaran cerita tersebut, saya belum melakukan riset yang mendalam di Internet (alah..) apakah memang demikian adanya atau tidak. Oleh karena itu, bagi yang merasa masih meragukan fakta di atas, silakan cari informasinya di Internet, dan kemudian beri tahu saya, okeh…


  1. phy_taa

    yaaah..kLw i2 maah..jg ada di buku unik sy

    • hadi

      jangankan dibuku unik situ, dibuku unik tetangga saya jg ada.. lah wong bukunya sama ya pasti ada lah ^^

      anyway, makasi atas kunjungannya..




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: