Paypal

Bagi orang yang suka membeli barang, melakukan urusan bisnis, memberikan sumbangan, mentransfer uang, (yah pokoke yang berhubungan dengan transaksi keuangan lah…), yang semuanya itu dilakukan melalui internet, paypal bisa digunakan sebagai alat pembayaran urusan-urusan di atas. Mungkin ada yang belum tau apa itu paypal atau mungkin ingin mengetahui detail tentang paypal, nah berikut ini adalah penjelasannya.

(sumber: http://www.paypalindonesia.com/)

Definisi Paypal
Paypal adalah salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirim uang ke pengguna Paypal lain di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet, Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau Money order yang prosesnya dapat memakan waktuPaypal seperti rekening bank, pertama anda membuat account, lalu mengisi account tersebut dengan dana dari kartu kredit atau balance paypal anda yang dapat diterima Paypal dan anda sudah dapat menggunakan account Paypal untuk bertransaksiOktober 2006 Paypal sudah menerima 103 negara dan 16 mata uang, pengguna Paypal Indonesia masih harus menggunakan hitungan US dollar karena rupiah belum ada di PaypalEbay adalah tempat lelang/jual-beli/pasar-online terbesar didunia, dengan pengguna lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia (data juni 2006), anda dapat mencari dan membeli apapun mulai dari barang elektronik, kendaraan, hingga barang-barang langka dari seluruh pengguna ebay didunia, cara pembayaran utama di Ebay adalah dengan Paypal karena lebih aman dan otomatis, meskipun ada penjual yang menerima pembayaran dengan cara lain.

Paypal lebih aman dari alat pembayaran online lainKebijaksanaan perlindungan tertulis untuk pembeli yang menggunakan Paypal menyatakan pembeli yang menggunakan Paypal dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang di beritahukan penjual. Jika pembeli menggunakan kartu kredit akan mendapatkan pengembalian uang chargeback dari perusahaan kartu kreditnyaPaypal juga melindungi penjual dari pengembalian uang atau komplain tergantung situasi dan pembuktian. Kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim pembeli yang mengaku telah mengirim uang yang tidak ada catatan bukti pembayarannya, setiap pembelian menggunakan Paypal selalu ada catatan bukti pembayarannya di account Paypal pengirim dan penerima uang, sebagai bukti jika benar telah terjadi pengiriman uangDari sini bisa diambil kesimpulan menggunakan Paypal lebih aman dari alat pembayaran online lain bagi pengirim dan penerima uang karena ada bukti pembayaran dan dapat melakukan komplain jika terjadi sesuatu

Sejarah PaypalPermulaanPerusahaan Paypal (Paypal corp.) seperti yang dikenal sekarang adalah penggabungan antara perusahaan Confinity dan X.com pada tahun 2000Confinity didirikan pada desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin, awalnya sebagai alat pembayaran Palm Pilot dan sebagai perusahaankriptograpi (ilmu pembacaan sandi, tulisan-tulisan atau angka-angka rahasia).Sedangkan X.com didirikan oleh Elon Musk pada maret 1999, yaitu perusahaan penyedia jasa perencanaan keuangan.Kedua perusahaan lokasi pertamanya adalah kantor di 165 University Avenue di Palo Alto, California, rumah dari beberapa pemula di Silicon ValleyEbay melihat perkembangan penggunaan Paypal dan menyimpulkan Paypal cocok sebagai salah satu alat pembayaran di ebay. Pada mei 1999 ebay membeliBillpoint dan menjadikan Billpoint sebagai alat pembayaran utama ebay saat itu dan membuat Billpoint khusus hanya untuk alat pembayaran di ebay saja, karenanya Paypal hanya tampil beberapa kalisebagai pilihan alat pembayaran di ebay dibandingkan Billpoint.Tetapi karena masyarakat lebih menyukai Paypal karena mudah dan lebih aman pada Februari 2000 rata-rata ada 200.000 penawaran barang perhari yang menggunakan Paypal sedangkan Billpoint hanya 4.000 penawaran. Pada april 2000 lebih dari 1 juta penawaran menggunakan PaypalAkuisisi oleh ebayPada tahun 2002 ebay mengakuisisi Paypal sebesar US$ 1,5 Miliar. Paypal sebelumnya telah digunakan sebagai alat pembayaran favorit dengan lebih dari 55% pengguna ebay dan mengalahkan alat pembayaran ebaylainnya saat itu Billpoint. Ebay akhirnya menghapus layanan Billpoint untuk memperkuat Paypal brand untuk ebay. Banyak saingan utama Paypal akhirnya bangkrutatau dijual, Citibank c2it tutup pada akhir 2003, Yahoo PayDirect tutup pada akhir 2004, Western union mengumumkan menutup layanan BidPay pada 2005 dan menjualnya pada CyberSource Corporation pada tahun 2006. Saingan Paypal lainnya seperti Moneybookers dan Kagi masih bertahan hingga sekarangPada kuarter pertama 2006 total transaksi melalui Paypal senilai US$8 Miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun. Perusahaan tetap fokus kepada perkembangansecara internasional dan kepada peningkatan pada divisi layanan merchant, dan menyediakanalat pembayaran online bagi pengguna ebayPersyaratan umumPemegang account Paypal harus berusia minimal 18 tahun atau lebih dan mempunyai1) Alamat email = Sebagai username account Paypal anda nantinya2) Kartu kredit = Pengguna Paypal dari Indonesia saat ini baru dapat menggunakan kartu kredit untuk mengaktifkan/verified accountnya pertama kali, dan hanya kartu kredit dari bank tertentu yang diterima3) Untuk bisa withdraw dari paypal, anda harus mempunyai salah satu dari kartu kredit Visa, kartu debit Visa, atau prepaid card VisaTrus, mengenai cara membuat accountnya (karena kepanjangan), lihat aja di sini.

Alternatif Selain PayPalSelain paypal, ada banyak alternatif alat pembayaran yang bisa digunakan melalui internet, di antaranya:- E-gold- checkhout- stormpay- E-bullion- Goldmoney- dll


  1. henry

    percuma dong kita punya account paypal tapi ga punya kartu kredit…. ada yang punya solusi????

  2. khawanz

    oh,ga percuma mas… kita bisa memanfaatkan account paypal untuk mendapatkan “uang maya”, yang nantinya bisa kita gunakan untuk membeli software yang berlisensi, membeli ebook, file mp3(yang ga gratis), dll… gimana? ga sia-sia kan!

  3. wah.. khadi keren juga bisa explore kayak gini.. sip2…

    udah punya account payPal belum di??

  4. khawanz

    ah keren mah emang dari sananya kali rif.. masa’ baru nyadar! hehehe…
    belum nyoba tuh.. sampean gimana?

  5. SOFTWARE PENGUMPUL EURO YANG AMAN

    Hasilkan Puluhan Juta EURO melalui Money Attractor versi GOLD, yaitu Software Money Attractor pengumpul uang EURO yang aman dari seluruh penjuru dunia.

    Software ini bisa menggunakan Paypal dan atau E-Gold.

    http://indomoneyattractor.com/?id=faldhan

  6. uccu

    Untuk bisa withdraw dari paypal, anda harus mempunyai salah satu dari kartu kredit Visa, kartu debit Visa, atau prepaid card VisaTrus

    itu kalimat terakhir yang saya baca di atas. saya mau tanya yang di golongkan sebagai kartu debit visa yang seperti apa
    makasih

  7. Mau tanya nih, jika di suatu pendaftaran website ada kolom yang meminta kita untuk mengisi alamat paypal kita, apa yang kita harus ketikkan untuk diisi, saya masih belum tau kalau masalah yang ini nih… tolong dijawab ke emailku juga ya… secepatnya.

    Trims Banyak.

  8. hadi

    Buat 2 penanya di atas, coba saja kalian kunjungi situs paypal indonesia http://www.paypalindonesia.com/..
    Semoga membantu..




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: