Gatekeeper…pusiiiing!

Ada yang tau gatekeeper itu apa?
bagi yang ga’ tau, gatekeeper itu semacam sentral telepon pada jaringan komunikasi multimedia. GK berfungsi sebagai tempat registrasi endpoint (ex, ip phone, softphone), pendaftaran dan pencataan komunikasi masing-masing EP, dll. Gatekeeper itu software yang berjalan di komputer server.

Nah, di sini gw disuruh mengonfigurasi gatekeeper untuk menerapkan voip menggunakan ip phone.. padahal untuk jaringan lokal ‘doang’ tapi kok ga bisa-bisa ya?????
Dah pusing mikirin ni konfigurasi, eeh seseorang disebelah gw dengan rasa tak berdosa malah make’ wireless canopy….tambah pusing deh pala’…


  1. made

    salam kenal bro…..
    sebelumnya saya perkenalkan diri saya. Nama saya made, saya lagi nyusun TA dengan judul yang berkaitan dengan voip, nah di TA itu saya disuruh buat dan konfigurasi gatekeeper. saya sendiri masih awam dengan voip apalagi gatekeeper. mohon bantuanya ya….kalo tau or ada artikel tentang gatekeeper. mohon disharing…..bisa kirim melalui email
    thanks ya bro….
    btw…..bs tau ID di YM ga ?
    ini ID saya di YM : bumi_merauke@yahoo.com
    sekali lg thanks atas sharingnya….




Leave a Reply

