VOIP…

walaah…kajian gw diganti ni….jadi implementasi teknologi voip. Padahal kurang dari 20 hari lagi nih masa PKL. Bisa ga ya…. Itu sih saran P’Julio..katanya biar bahasannya lebih luas.
Yah gw si sebagai mahasiswa yang baik ramah sopan dan tidak sombong ya nurut aja (hehehe)…sekalian mo tau juga..ga enak pula kalo satu kajian ama bayu (ntar die nyontek lagi! aduh sori bay..ketauan deh rahasia lo,hehe…jas kiding:p).

Jadi gini,—>serius
VoIP (Voice over IP) adalah suatu teknologi yang mampu melewatkan paket suara dan data melalui jaringan IP. Dengan VoIP kita bisa lebih hemat menelepon. Gw baca di suatu artikel, VoIP bisa menekan biaya hingga 70% untuk hubungan ke luar negeri. Lho kok bisa? ya, karena jaringan IP bersifat global. Beda dengan telepon biasa yang harus menggunakan PBX atau port sentral tersendiri. Yaa pokoknya kita tinggal bayar biaya internetnya deh. Nah, itulah faktor utama adanya teknologi VoIP,penekanan biaya.
Nah untuk membangun VoIP, ada beberapa cara yaitu:
1. dengan ATA (Analog Telephone Adaptor)
2. dengan IP Phone
3. dengan ITG (Internet Telephone Gateway)
4. langsung dari PC ke PC

Gw di sini membangun VoIPnya dengan ITG dan IP Phone. Nah di situlah gw bingung, How way do i configure it?


  1. AKIA

    wahh sorry me nyorry di gw lupa hehehe,,,,kan gw bilang sms gw dulu malemnya kek biar g lupa,,,maklum dah tua niy pikun gitu gw hehehe bukan pikun denk terlupakan heheha

  2. khawanz

    wah parah lo we…
    masa baru malem sabtu gw bilangin aj lupa lo.. baru 2 hari…
    sedih sekali aku ini…hiks hiks….

  3. kukuh

    kalo dah bisa gw kasih tau caranya ya.. sekalian artikelnya..🙂

  4. khawanz

    insya Allah…
    sedang gw usahakan..

  5. gile.. khadi.. maenannya VOIP…
    ntar ajarin lho bro…

  6. khawanz

    yaah.. biasalah rif..
    namanya juga anak muda…
    hehehehe…

  7. Gilank

    Nah untuk membangun VoIP, ada beberapa cara yaitu:
    1. dengan ATA (Analog Telephone Adaptor)
    2. dengan IP Phone
    3. dengan ITG (Internet Telephone Gateway)
    4. langsung dari PC ke PC

    Nah…Bro!! ATA (analog Telephone Adaptor) & IP Phone…..W bisa cari dmana tuh barang and berapa harganya bro??? coz gw tertarik aja sama VOIP yang ktanya bisa telephone murah.. :hihi:
    tinggal dicolokin aja tuh IP Phone nya ke Line telephone bukan???

    Muuf..bro’kebanyakan nanya neeh…..tolong bales ya ke E-mail w please….!!!
    Coz W perlu bgt Penjelasannya….. Metallfunky@yahoo.com
    di tunngu Bro…. Makasih ya!!!

  8. khawanz

    waduh mas kalo harga barangnya saya ga tau ya berapa…coba cari di mangga2 deh…

    IP Phone bukan dicolokin ke telepon mas…tapi ke komputer..
    kalo telepon biasa mo utk VoIP,nah itu baru pake ATA…

    jangan lupa di konfigurasi alat2nya n software2 pendukungnya…

    tapi ingat y mas… kalo komputer sampean itu harus langsung terhubung ke internet…bukan merupakan client..




Leave a Reply

